Persiapan

Semua dimulai dari sebuah awalan. Bahkan bila awalan tersebut adalah sesuatu yang tidak terencana sekalipun.
Apa yang sudah dimulai bisa memiliki sebuah akhir. Tetapi bahkan bisa juga tidak. Mungkin apa yang belum bisa dikatakan berakhir itu justru itulah akhirnya. Karena terkadang apa yang tidak diketahui lebih baik tetap terjaga kerahasiaannya.
Awalan terbaik adalah yang terencana, akhir yang baik adalah skenario yang diharapkan.
Kita, manusia, selalu diajarkan untuk selalu membuat perencanaan di atas segala-galanya. Selalu diajarkan mengasah sebelum memotong, berpikir sebelum berbicara, berdandan sebelum tampil, dan....
hidup sebelum mati.

Narasi ini mungkin seperti ucapan seorang idiot yang berbicara kepada dirinya sendiri, tetapi ini adalah cara terbaikku untuk melihat refleksi diri saat ini.
Aku, dan mungkin juga kalian, seharusnya sudah mempersiapkan yang terbaik sebelum meninggalkan dunia ini kelak. Segala persiapan itu tergantung bagaimana kalian ingin dikenang kelak, tergantung bagaimana kalian ingin menghadapi awal dunia baru kelak, dan itu tergantung keinginan kalian masing-masing.
Aku tidak menyalahkan seorang penjahat yang memang bercita-cita untuk menjadi sahabat setan bagi orang-orang baik, toh bagi nya setan itu justru adalah teman terbaiknya. Adalah hak dia untuk mewujudkan apa yang diinginkannya. Bukankah justru kita yang menjadi pejahat apabila membatasi hak-haknya? Untungnya sebagian besar pelaku kejahatan tidak mencita-citakan dirinya seperti itu, jadi tidak masalah apabila tindakan represif diberlakukan kepadanya.
Ya benar, terkadang baik dan buruk hanya masalah persepsi.

Saat ini kita berada di umur kita masing-masing. Aku percaya belum ada kata terlambat untuk mempersiapkan semuanya sebelum kematian merenggut nafas kita kelak, tetapi lebih cepat lebih baik. Walaupun tergantung persepsi kita mau sampai umur berapa kita menganggap diri kita muda.
Ya, kuncinya adalah persiapan, dan kapan waktu kita akan benar-benar siap dalam mempersiapkan segalanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengapa Penerapan New Normal Policy Bukan Ide Yang (Terlalu) Buruk

Judul di atas mungkin terdengar terlalu bombastis dan juga kontroversial. Banyak yang akan mengerenyitkan dahi dan berpikir bahwa ini adal...